Peduli Pada Kebersihan

Sejak kecil, saat Arkaan sudah mulai tahu tentang sampah dan mulai bisa diinstruksi untuk membuang sampah pada tempatnya, kira-kira umur 2 tahun waktu itu.
Yandanya yang juga punya kebiasaan sama saat kecil. Menurunkan kebiasaan itu pada Arkaan. Setelah Arkaan memakan kue yang dibungkus selalu ada kalimat yang mengikuti "buang sampah ke tempat sampah ya" sambil menuntun Arkaan membawa bungkusan menuju tempat sampah.

Hingga setelah Arkaan kini umur 5,5 tahun. Ia semakin terbiasa dan merasa risih melihat sampah berceceran.
Hari ini kami bertamu kesalah satu rumah teman Yandanya. Disana Arkaan antusias karena dimeja tamu sudah tersedia banyak toples kue dan permen. Yang bikin Arkaan lebih antusias lagi adalah sebuah benda warna pink berdiri sejajar dengan meja. Adiknya pun ikut antusias, "bunda, itu tempat sampah ya bunda." Begitu kata Aqila. Arkaan yang sedari tadi sudah memperhatikan meja itu. Tiba-tiba Arkaan mengumpulkan sampah permen dan beberapa bungkus lain kemudian dimasukkan ke tempat sampah. "Ini dimasukkan ke tempat sampah ya bunda, biar bersih mejanya." Kata Arkaan.
Pernah juga disebuah toko belanja yang depannya ada tempat untuk duduk, saat itu sampah minuman dan beberapa bungkusan berserakan dimeja. Arkaan yang nyeletuk gini, "ih, jorok ga dibuang ke tempat sampah."  Akhirnya Yanda membantu Arkaan untuk mengambil semua sampah meja tersebut dan membuangnya di tempat sampah.

Bagi Arkaan kebersihan adalah saat ia membuang sampah pada tempatnya. Saat ia melihat lingkungan sekitarnya bersih dari sampah.

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10hari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Mudah Menulis Cerita Anak

Buku Pertama

Lamaran Tukang Gojek