Anak Penyayang

"Menumbuhkan rasa cinta dan sayang kepada anak bisa melalui hal termudah yaitu buku." (Putri Utami)

Dongeng sebelum tidur merupakan kegiatan favorit Arkaan dan Aqila untuk mengantar mereka memejamkan mata. Bisa beberapa kali saya mengulang membacakan buku yang sama di waktu yang sama. Dan disela membacakan buku, selalu ada pertanyaan yang muncul. Apapun itu, setiap detail, tidak terlewatkan oleh Arkaan dan Aqila.

Hari ini buku "Anak Penyayang" saya bacakan untuk mereka. Baru saja memulai halaman pertama, Aqila sudah mulai bertanya "Kenapa adikknya pergi? Kakaknya mau ikut kemana?", saya selalu menjawab, "tunggu bunda selesaikan cerita dulu ya."

Berbeda dengan Arkaan, ia akan melihat gambar di buku dengan detail. Kemudian meminta menunjukkan beberapa huruf yang ingin ia tahu. Maklum dia memang dalam tahap belajar mengenal huruf. Jadi jika ada tulisan. Dia penasaran dengan hurufnya. Ya, dari buku cerita Arkaan semakin tahu banyak huruf. Kemudian menuliskan di kertas.

Cerita "Anak Penyayang" ini mengisahkan tentang dua anak kakak beradik yang akan mengunjungi teman baru si adik disebuah rumah kosong. Setiap hari si adik selalu minta dibuatkan nasi bungkus kepada ibunya. Si kakak penasaran dengan teman baru si adik. Ternyata setelah ikut berkunjung ke sebuah rumah kosong si adik menujukkan tiga anak kucing lucu kepada kakaknya dan mengenalkannya sebagai temannya.
Disanalah nilai kepedulian terhadap sesama makhluk diajarkan. Peduli dan sayang terhadap anak kucing.

Setelah cerita usai, Arkaan menanggapi, "Arkaan suka anak kucing, lucu, gemes kasian kalo ga ada ibunya." Aqila pun ikut menjawab, "Aqila juga suka, tapi Aqila takut kalo dikejar." Kemudian Arkaan pun menimpali, "Iya takut kaya bunda. Bunda tuh ga suka kan sama kucing?". Kena deh, saya memang tidak begitu suka dengan kucing dengan alasan geli, takut, entahlah. Mending saya pegang kecoa daripada elus kucing. Hahaha

Ah, sudahlah setidaknya perkara kucing tidak ditiru anak saya. Bahwa mereka ternyata mengerti dan peduli serta sayang pada binatang. Ya, kadang kucing tetangga yang mereka ajak main.

Yogyakarta, 26 Oktober 2017
Catatan Emak

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Mudah Menulis Cerita Anak

Buku Pertama

Cerita Dibalik Kura-Kura