Digger Sang Penggali

"Apa yang anak kita lihat, itulah yang ia pelajari." (Putri Utami)

Seperti biasa jika kaki tak lelah tentu saat pulang sekolah saya, Arkaan dan Aqila berjalan kaki ke beberapa tempat. Mampir ini dan itu. Namanya jalanan selaku ada hal menarik untuk dilihat. Si Arkaan berteriak,  "ada cakruk bunda." (cakruk dalam bahasa jawa, artinya menggali) I see, maksudnya mobil cakruk atau disebut juga mobil penggali dalam bahasa Indonesia. Si Qila nyaut, "kaya buku Qila."

Siang berlalu dan malam berganti, menjelang tidur mulai lagi dengan tagihan. Baca buku. Kali ini si"Digger" akan dibaca. Wajah cover mirip si "cakruk" yang dilihat Arkaan dan Aqila.

Seperti biasa karena ini buku english version maka emak berusaha lebih keras membuka Google translate dan mulai mentranslate manual, serta mengarang cerita. Tapi kalo ngarang, capek juga. Akhirnya emak lempar pertanyaan kepada anak-anak biar mereka yang cerita seperti apa gambar yang mereka lihat di buku dengan realita yang mereka lihat tadi. Si Digger adalah si cakruk itu. Ok, akhirnya mereka punya cerita tentang mobil ini. Mobil Digger namanya. Begitulah. Bukannya malah tidur, semua mobil mereka turunkan. Dan kalimat terakhir, "Bunda, beliin Digger ya." ( duh, emak tidur aja deh)

Yogyakarta, 1 November 2017
Catatan Emak

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Mudah Menulis Cerita Anak

Buku Pertama

Lamaran Tukang Gojek