Negosiasi


Anak di bawah umur 7 tahun biasanya masih belum nalar secara penuh. Ia harus diajak banyak berbincang dan membuat beberapa kesepakatan untuk bisa konsisten melakukan sesuatu. Apalagi tentang konsep menabung ini. Karena dalam pikiran mereka, mereka tetap ingin jajan, tetap ingin memasukkan uang juga lewat celengan dan mereka tak ingin menunggu lama untuk bisa mendapatkan sesuatu. Nah, orang tua perlu bernegosiasi kepada anak.

Komunikasi yang efektif akan membuat anak mengerti dan memahami apa yang dilakukannya. Sebagai contoh hari ini Arkaan memaksa saya untuk membeli baterai dan obeng untuk misi dia menjalankan mobil remotnya. Sementara uang yang dia tabung itu masih belum cukup. Maka saya sepakat untuk menambahkan uang kepada Arkaan dan bilang bahwa Arkaan besok libur untuk jajan. Dan karena Aqila tidak membeli seperti Arkaan maka Aqila diizinkan untuk jajan di maga. Karena kepedulian Aqila, ia berinisiatif untuk memberikan jajan kepada kakaknya.

Dalam beberapa hal, memang perlu ditanamkan konsep negosiasi, kesepakatan. Mereka akan mengerti serta tetap bersemangat untuk menabung.

#KuliahBunsayIIP #Tantangan10Hari #Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Mudah Menulis Cerita Anak

Buku Pertama

Cerita Dibalik Kura-Kura