Kreativitas Day 8 Bioskop Mainan

Ritual pagi Aqila adalah mendongeng. Bermain bersama bonekanya. Ada Eddie dan Petty meramaikan dongeng versi Aqila.

Saya hanya mengamati, melihat apa yang Aqila lakukan. Dan mendengarkan baik-baik celotehnya.

Oiya gambar yang Aqila pajang itu hasil Arkaan menggambar lho. Dan Aqila sengaja menaruh gambar kakak Arkaan untuk dijadikan film. Katanya, Eddie dan Petty sedang menonton bioskop.

Dari Aqila, saya banyak belajar menciptakan ide cerita dan menulis cerita anak. Aqila sering berdialog dengan para boneknya. Dan ia juga melantunkan suara yang berbeda saat berbicara.

"Hai eddie, kamu senang kan nonton bioskop?." Aqila bersuara agak dikecilkan, ceritanya ia menyuarakan si Petty. Kemudian Eddie menjawab, "Iya aku senang sekali di bioskop." Dan nada suara Aqila agak tinggi. Sementara saya senyum-senyum sendiri melihat Aqila bercerita.

Ternyata anak-anak itu memiliki banyak imajinasi dan ide saat ia bermain. Bagaimana bisa Aqila yang masih berumur empat tahun suka dengan dongeng dan bermain peran? Karena saya mengawalinya dengan menstimulus Aqila setiap akan tidur. Yaitu menyajikan dengan dongeng, bahkan saya membuat beberapa wayang dongeng agar cerita disajikan semakin menarik. Kadang juga bermain drama dengan Aqila. Saya dan Aqila sering berperan menyuarakan boneka-boneka yang ada. Improvisasi cerita. Dan jadilah cerita baru.

Memang benar kata teori montessori, "   2 – 4 tahun       ->  Peneguhan gerakan minat pada kebenaran dan realitas menyadari urutan dalam waktu dan ruang dan 2,5 – 6 tahun      -> Peneguhan sensoris. montessori meyakini bahwa jiwa anak masih belum terbentuk. Dengan pengetahuan  yang dimilikinya, orang dewasa dapat membangun pengetahuan-pengetahuan lainnya. Gejala psikis yang memungkinkan anak untuk
membangun pengetahuannya itu dikenal dengan konsep absorbent mind.  Dengan gejala psikis ini anak dapat melakukan penyerapan tak sadar terhadap lingkungan.
Kemudian anak menggabungkan pengetahuan secara langsung ke dalam kehidupan psikisnya. Kesan-kesan yang diperolehnya melalui proses ini tidak semata-mata memasuki jiwa anak, tetapi juga membentuknya. Proses tak sadar tersebut selanjutnya diganti secara berangsur-angsur oleh proses atau aktivitas jiwa yang disadari." (dikutip dari buku Maria Momtessori).

Dari kebiasaan yang saya lakukan untuk Aqila, maka akhirnya aktivitas mendongeng menjadi hal yang paling Aqila suka dan ia lakukan dengan senang hati. Mulailah dari diri kita untuk berkreasi, panen hasilnya setelah anak-anak terbiasa dengan apa yang ia lakukan.

#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative

#30DWC
#30DWC12
#Day8

#ODOPfor99days




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Mudah Menulis Cerita Anak

Buku Pertama

Lamaran Tukang Gojek