3 Daya Melejitkan Potensi Anak

Di dunia ini sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melejitkan potensi anak kita. Lakukan dari sekarang juga. Dimulai dari semangat kita sebagai orangtua untuk berdaya guna mencipta daya bagi anak-anak kita. Berikut ini ada 3 hal yang bisa kita lakukan untuk melejitkan potensi anak. 


1.Daya Imajinasi

Setiap anak terlahir sesuai fitrahnya. Ia telah diberi daya oleh Allah berupa imajinasi. Kita tidak perlu khawatir, daya imajinasi anak adalah salah satu proses anak untuk berkembang.
“Anak paling senang berimajinasi karena hal ini memperbolehkan dia untuk menciptakan—dan mungkin saja mengendalikan—dunianya sendiri,” kata Judith Tellerman, Ph.D., profesor psikologi pada University of Illinois College of Medicine, Chicago.

Ragam kegiatan anak dalam berdaya imajinasi, misalnya mendongeng, bermain peran dan menggambar. Beberapa aktivitas tersebut mampu meningkatkan daya imajinasi anak.

Contoh imajinasi anak :
Mendongeng
https://youtu.be/cYfFcGwdITw

2. Daya Kreativitas

Setiap anak terlahir kreatif. Kita orangtualah yang akan mengantarkan mereka kepada zaman. Dimana zaman serba digital. Biarkan anak berpikir out of the box. Kita sebagai orangtua wajib memfasilitasi ragam kegiatan anak dalam melatih kreativitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Ajaklah anak untuk membuat satu pertanyaan dan menemukan seribu jawaban dari satu pertanyaan tersebut.

Banyak ragam kegiatan untuk meningkatkan daya kreativitas anak, misalnya melakukan percobaan sains sederhana, membuat barang baru dari memanfaatkan barang bekas, crafting, dsb.

Contoh kreativitas anak :
Membuat Pesawat Sederhana
https://youtu.be/Ih1Y-3GxP2k

3. Daya Pikir

Pernahkah kita mengajak anak untuk terbiasa bertanya? Ajaklah anak-anak untuk banyak berpikir dengan satu kalimat pertanyaan. Biarkan ia menemukan jawaban dari pernyataan tersebut.

Salah kegiatan meningkatkan daya pikir anak adalah dengan mengajaknya melakukan percobaan sains sederhana.

Contoh kegiatan daya pikir anak :
Proyek Sains Sederhana
https://catatanaqpedia.wordpress.com/2017/08/10/air-dan-minyak-family-project/

Ternyata tiga daya untuk melejitkan potensi anak sebenernya sangat mudah untuk kita aplikasikan kepada anak-anak kita. Tergantung bagaimana kita mencoba mengantarkan anak kita menuju zaman mereka. Zaman dimana semua hal menjadi lebih berkembang, lebih canggih dan lebih baik lagi. Maka kenali potensi anak dan siapkan mereka untuk terbang meraih cita.

#30DWC
#30DWC12
#Day24

#ODOPfor99days

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Mudah Menulis Cerita Anak

Buku Pertama

Lamaran Tukang Gojek