Ruang dan Kandang Waktu Untuk Ranah Keluarga dan Ranah Produktif

1.Achiver
Ranah keluarga :
Sebagai seorang yang achiver dari mulai bangun tidur saya terbiasa menyelesaikan pekerjaan rumah sendiri tanpa meminta bantuan orang lain. Jadwal tugas domestik dimulai pagi hari. Saat suami dan anak berangkat. Saya bertugas menemani si adik yang belum sekolah.
Ranah Produktif :
Dalam sebuah komunitas yang saya gagas, saya menjadi pemimpin dan mengelola komunitas itu dengan merumuskan serta memberikan materi.

2. Adabtability
Ranah keluarga :
Saya selalu memposisikan diri untuk menyesuaikan keadaan yang terjadi pada keluarga. Lebih mengutamakan apa yang anak dan suami butuhkan.
Ranah produktif :
Mengelola sebuah komunitas itu tidak mudah. Maka saya memberikan peluang untuk teman-teman di komunitas untuk memberikan idenya dan saya menyesuaikan apa yang terbaik.

3. Belief
Ranah keluarga :
Untuk anak-anak dan suami, saya selalu menyiapkan segalanya untuk mereka dan mendahulukan mereka dalam hal apapun. Atau jika ada tamu dan kunjungan mertua datang. Pasti saya langsung melakukan banyak hal pelayanan.

Ranah Produktif :
Dalam lingkungan, biasanyaa saya mengambil peran untuk selalu menjadi yang terdepan melayani. Sebagai contoh ikut menjadi Fasilitator batch #5. Jika di lingkungannya rumah biasanya saya ambil peran panitia  kegiatan.

4. Developer
Ranah keluarga :
Saya selalu mendorong semangat anak-anak dan suami dalam hal apapun.
Contoh, kepasa anak-anak, saya memfasilitasi Arkaan dan Aqila untuk berkreativitas setiap hari. Jika dengan suami, saya sering meminta diskusi buku atau meminta bantuannya untuk editing tulisan.

Ranah produktif :
Saat saya punya sedikit ilmu, maka saya tidak akan diam. Saya akan buat komunitas kecil dan menularkan ilmu saya serta mengajak mereka untuk belajar bersama bahkan mendorong mereka mengahasilkan karya. Hingga saya menghasilkan sebuah komunitas, Kelas Menulis Cerita Anak.

5. Communicator
Ranah keluarga :
Suami dan anak-anak selalu suka jika saya mulai detail menjelaskan berbagai macam hal. Menkomunikasikan apa yang sudah saya jadwalkan untuk anak-anak.

Ranah produktif :
Sebagai fasilitator batch #5 dan manajer online. Maka gaya komunikasi online saya harus dipahami banyak para peserta atau member grup. Dan saya memang paling suka berkomunikasi dengan santai.

6. Strategic
Ranah keluarga :
Dongeng adalah salah satu kegiatan saya lakukan untuk anak-anak. Terkadang bersama suami, kami bermain drama dengan Eddie, boneka kesayangan Aqila.
Selain itu saya sering melakukan ini dikehidupan sehari-hari. Strategi untuk mampu menghasilkan produktivitas dari dalam rumah dengan menulis.

Ranah produktif :
Saya menemukan ide dan mendirikan sebuah komunitas yang saya buat sendiri untuk memfasilitasi teman-teman belajar menulis cerita anak.
Dalam komunitas biasanya saya memberikan ide kegitaan yang menarik bagi orang dan orang-orang kenal dengan komunitas tersebut. Sebagai contoh, saya mengusulkan roadshow mendongeng dan kreativitas ke sekolah-sekolah paud, TK ataupun SD. Nah, saya melakukan kegiatan tersebut dengan mengawali dari semangat diri sendiri.

6 Peran Dominan berdasarkan ST 30

1. Communication 
Ranah Keluarga :
Saya paling bisa mencari celah komunikasi yang baik kepada anak-anak. Begitupun kepada suami, selalu ada kualitas waktu yang saya buat untuk anak-anak dan suami.

Ranah produktif :
Dalam komunitas saya mengambil peran sebagai manajer online dan fasilitator matrikulasi batch #5. Juga observer bunda sayang batch #3. Bagi saya mengambil peran adalah salah satu keahlian saya dan meningkatkan kualitas saya selaku individu.

2. Creator 
Ranah keluarga :
Menciptakan bounding antara kakak dan adik, maka saya berkreasi membuat kegiatan 30 hari agar anak-anak tidak putus dalam mengembangkan idenya selama 30 hari.

Ranah produktif :
Saya selalu banyak ide. Untuk ide kegiatan online member pun saya aplikasikan seperti sharing weekend. Sebagai posisi fasilitator matrikulasi, dalam perangkat kelas saya mengajak mereka untuk terapi gratitude. Mengungkapkan rasa syukur.
Dalam komunitas yang saya bentuk, saya sebagai ketua Komunitasnya.

3. Journalist 
Ranah keluarga :
Dengan hobi menulis ini biasanya saya menjadi penulis untuk ide cerita anak-anak saya. Misal anak yang bungsu buat gambar dan ia menceritakan gambar tersebut. Maka saya yang akan mencatat ceritanya.

Ranah Produktif :
Hobi saya menulis dan saya suka menulis. Alhamdulillah sudah ada 5 buku antologi yang terbit. Ada yang bersama komunitas ODOP ada juga yang bersama rumbel menulis ip Jogja. Saya mengisi materi untuk komunitas saya.

4. Shythesizer
Ranah keluarga :
Ide dalam rumah, lebih banyak menyajikan dongeng kepada anak dengan membuat kreasi wayang dongeng. Memadukan dengan konsep read aloud.

Ranah Produktif :
Mencipta ide baru dari ide yang sudah ada. Ya, saya membuat program mendongeng dan kreativitas di ip Jogja. Nanti kedepan saya akan menyusun sebuah karya menggabungkan konsep mendongeng dan read aloud.

Jadwal Waktu Ranah Keluarga dan Ranah Produktif

04.00-04.30 : ibadah subuh
04.30-05.00 : menulis
05.00-07.00 : tugas domestik
07.00-07.30 : mengantar ke sekolah
07.30.08.00 : persiapan diri
08.00-11.00 : jam online
11.00 -15.00 : jemput anak dan kegiatan kreativitas
15.00- 17.00 : kualitas waktu bersama keluarga
17.00-18.00 : domestik sore
18.00-20.00 : menemani anak belajar
20.00-21.00 : kualitas waktu menulis dan membaca
21.00- 03.30 : tidur berkualitas

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriTiga
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Mudah Menulis Cerita Anak

Buku Pertama

Cerita Dibalik Kura-Kura